Langsung ke konten utama

Daftar Situs untuk Belajar Pemrograman


Situs untuk belajar pemrograman berbahasa Indonesia:
codepolitan.com
CodePolitan adalah media edukasi online yang ditujukan untuk programmer Indonesia sebagai tempat belajar dan sumber informasi dunia pemrograman dan teknologi.Konten-konten yang ada di CodePolitan antara lain berisi berita, review komunitas, review & wawancara tokoh, review tools, review event, catatan rilis framework, tips & trik, serta komik dan meme seputar pemrograman.
Selain itu Codepolitan juga merilis majalah bertema pemrograman yang dulu dinamai NyankodMagz dan sekarang menjadi Codertalk, dan juga rilis terakhir bernama Codepolitan Magazine.
sekolahkoding.com
SekolahKoding merupakan situs yang menyediakan video tutorial web development dan programming dalam bahasa Indonesia. Latar belakang dibuatnya SekolahKoding sendiri adalah karena masih minimnya tutorial web development dan programming dalam bahasa Indonesia baik secara kuantitas maupun kualitas.

Tutorial di SekolahKoding dapat di akses secara gratis, selain itu anda dapat mengupgrade akun anda menjadi akunpremium
 untuk mendapatkan akses download source code dan juga tutorial tingkat lanjut yang cukup sulit hanya dengan Rp 50.000,00/bulan atau Rp 150.000,00/6 bulan. Selain itu juga ada program beasiswa untuk mereka yang belum memiliki penghasilan akan tetapi serius ingin belajar pemrograman.
3. CodeSaya 
 codesaya.com
CodeSaya adalah sebuah wadah  bagi para insan yang mendambakan untuk menjadi mahir dan lihai dalam Python,PHP, JavaScript, dan lain-lain. Sistem pembelajaran pada CodeSaya sendiri bersifat interaktif dimana setelah mempelajari suatu topik, anda akan menghadapi sebuah soal coding yang jawabannya langsung diperiksa oleh software.Selain itu pada CodeSaya juga terdapat forum diskusi dan juga artikel yang ditulis oleh beberapa member CodeSaya yang dapat meningkatkan pengetahuan kita mengenai pemrograman.

4. KelasKita
 kelaskita.com
Kelaskita adalah media online untuk memudahkan Anda membuat dan mengikuti kelas belajar secara online bersama peserta didik, teman, tim atau komunitas Anda.Kelaskita bertujuan untuk berkontribusi mencerdaskan Indonesia dengan membuat media belajar online yang mudah, murah, menyenangkan dan bisa diakses dari mana dan oleh siapa saja di seluruh dunia.Konten pada KelasKita sendiri memang tidak berfokus pada pemrograman, melainkan pada ilmu pengetahuan secara umum. Akan tetapi saya rasa kelas pemrograman pada Kelas kita dapat menjadi referensi yang cukup bagus apabila kita ingin belajar pemrograman.

Situs untuk belajar pemrograman berbahasa Inggris:

Bagi anda yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, ada baiknya juga untuk mencoba beberapa situs untuk belajar pemrograman berbasa Inggris di bawah ini.

codecademy.com
Codecademy adalah sebuah situs pembelajaran pemrograman bersifat Interaktif sama seperti CodeSaya dimana setelah anda selesai mempelajari sebuah topik, anda akan dihadapkan pada soal coding dan diminta untuk menyelesaikannya dan akan dikoreksi secara otomatis oleh software Codecademy.Materi pembelajaran di Codecademy sangatlah banyak dan lebih kompleks, meliputi HTML&CSS, JavaScript, PHP, Ruby, dan masih banyak lainnya. Selain itu juga terdapat forum untuk tanya jawab seputar soal coding yang ada pada Codecademy. Konten di codecademy bersifat gratis, dan sebagian ada yang bersifat premium atau berbayar.

w3schools.com
W3schools adalah sebuah situs web developer berisi tutorial dan referensi mengenai bahasa pemrograman untuk web development seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery, yang meliputi sebagian besar aspek mengenai pemrograman web.Tutorial  dan referensi pada W3schools tersedia mulai dari tingkat paling dasar sampai tingkatan lanjut. Cocok bagi anda yang ingin belajar dan berfokus pada bidang web development.

Tutorialspoint.com
Tutorialspoint merupakan situs yang di dedikasikan untuk meningkatkan kualitas konten pendidikan online. Materi pada Tutorialspoint sendiri meliputi Computer Science, Information Technology, bahasa pemrograman, dan beberapa materi engineering dan juga materi manajemen. Di Tutorialspoint anda dapat mencoba memodifikasi contoh kode dalam setiap tutorial dan mengeksekusinya untuk melihat hasil keluarannya.
8. Tuts+


tutsplus.com
Tuts+ merupakan penyedia materi kursus dan ‘How to tutorial’. Konten pda Tuts+ berupa video ataupun materi tertulis. Dengan konten tersebut anda dapat mempelajari skill kreatif dan teknikal. Ada banyak sekali materi kursus yang tersedia di situs Tuts+.Contoh materi yang terdapat pada situs Tuts+ antara lain meliputi web design, web development, mobile development, photography, game development, dan lain sebagainya. Beberapa konten bersifat gratis, dan beberapa lainnya bersifat premium atau berbayar.
codeschool.com
Codeschool adalah media pembelajaran online yang menyediakan konten yang tidak hanya mendidik tapi juga menyenangkan untuk diikuti. Setiap materi kursus dikemas dalam tema dan jalan cerita yang kreatif sehingga ketika anda belajar seolah anda sedang bermain game. Codeschool mengombinasikan game mechanic dengan instruksi dari video dan in-browser coding challenges untuk menciptakan suasana belajar coding yang menyenangkan dan berkesan. Dengan lebih dari 50 materi kursus meliputi Ruby, JavaScript, HTML/CSS, iOS, Git, dan database.
10.                  Sitepoint


Sitepoint.com
Sitepoint merupakan tempat berkumpulnya para web developer untuk saling berbagi mengenai passion mereka untuk membangun sebuah “Internet Things” yang luar biasa.Pada sitepoint anda dapat menemukan berbagai materi kursus, screencast, tutorial, tips & trik, dan ebook mengenai pemrograman, terutama web development. Konten pada sitepoint sendiri memiliki beragam materi meliputi HTML/CSS, Ruby, PHP, Mobile, Design UI/UX, WordPress, dan lain sebagainya.Selain itu pada situs Sitepoint juga terdapat forum untuk tanya jawab seputar web development.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERINTAH-PERINTAH DASAR LINUX

Siapa yang tidak kenal dengan linux,OS dengan system keamanan yang tinggi dan tentunya gratis....Seperti yang sobat ketahui LInux dikenal dengan CLI-nya (Command Line Iterfaces).dan kebanyakan orang atau perusahaan menggunakan linux sebagai SOJ pada server-server mereka       Bagi para pemula yang ingin mengenal dasar-dasar linux sebaiknya bukan hanya menghapal namun juga harus mempraktekkannya secara langsung.karna didalam linux intinya bukan hapalan namun tindakan yang sobat lakukan.berikut perintah" dasar di linux: 1.sudo su digunakan untuk login sebagai root/pengguna tertinggi sintaks: sudo  su 2.root digunakan untuk login sebagi root sintaks: root 3.login digunakan untuk login sebagai user lain,namun harus menjadi root terlebih dahulu untuk bias menjalankan perintah ini. Sintaks: login  nama_user 4.cd (change directory) digunakan untuk berpindah directory/folder sintaks: cd  alamat_directory contoh: cd    /etc/network 5.pwd di

Loop/Perulangan For dan Foreach

1.   Apakah loop itu? Coding terkadang bisa menjadi sebuah perkerjaan yang melelahkan, dan terkadang dikarenakan kita harus melakukan sebuah hal yang sama berkali-kali. Contohnya ketika kita ingin menuliskan tahun kabisat, mungkin anda berpikir untnuk melakukannya seperti berikut: echo 2004; echo 2008; echo 2012; // dan seterusnya Tapi ada cara yang lebih baik! Loop (pengulangan) adalah sepotong code yang berguna untuk mengulang sederet instruksi untuk anda. Sebagai contoh, jika kita ingin menuliskan echo berkali-kali seperti contoh diatas, kita bisa menggunakan code disamping kanan. Contoh: for ($tahun = 2004; $tahun < 2050; $tahun = $tahun + 4) {   echo $tahun . "\n"; } 2.   Syntax dari For Keren kan? Sekarang mari kita perhatikan syntaxnya. Disini adalah contoh yang akan mencetak angka dari satu hingga 9: for ($i = 0; $i < 10; $i++) {     echo $i; } Sebuah loop for dimulai dengan for . Ini memberitahukan PHP untuk bersi

Hak Akses direktori atau Folder /var/www/ php di Ubuntu

Hak Akses direktori atau Folder /var/www/ php adalat tempat Untuk menyimpan atau menjalankan file PHP di Linux kita harus menyimpannya di folder /var/www, tentunya kita tidak dengan mudah membuat file atau folder di www seperti kita memakai easyphp,xampp, dll yg biasa kita jalankan di windus. Tapi dengan sedikit kemampuan mencari-cari tutorial tentang php di Linux via oM google, akhirnya dapat juga cara untuk dapat mengakses file tersebut. Kita dapat mengakses atau membuat folder dengan mudah di /var/www/ dengan cara : Buka terminal yang ada di Applications->Accessories->Terminal atau ctrl+alt+t ketikkan sudo su chmod 777 -R /var/www/ masukkan password anda sekian postingan tentang membuka hak akses di php